Biologi Murni, Jurusan Biasa Prospek Luar Biasa (Tentang Jurusan Biologi)

 

Assalammualaykum warohmatullahi wabarokatuh,

Salam semangat ^_^

Apa kabar teman-teman?? Sudah H-berapa bulan deadline untuk memilih jurusan penentu masa depan, sudah mantapkah dengan pilihan jurusannya? atau bahkan belum mendapatkan pandangan sama sekali? Hmmm… kalau begitu yuk saya kasih sedikit pandangan tentang jurusan yang satu ini.

Apasih emangnya? Eiiitssss, makanya baca sampai tuntas yaa! Sesuai dengan firman-Nya dalam Q.S Al-Alaq: 1 yaitu ”اِقْرَأ” yang berarti “bacalah.” Semagaaat! J

 

Nahh.. kali ini saya akan membahas tentang Jurusan Biologi Murni, “jurusan biasa” ini sering dianggap angin lalu oleh sebagian orang, padahal mungkin mereka belum tahu prospek kerjanya. Seperti halnya dengan jurusan ilmu murni lainnya seperti Jurusan Fisika Murni, Matematika Murni, dan Kimia Murni, kebanyakan orang berpikir prospek kerja jurusan ini adalah sebagai guru, padahal kan kita tahu yaa kalau jadi guru itu kuliahnya di jurusan Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Biologi, dan pendidikan di mata kuliah yang lainnya.

 

 

Lalu, bagaimana sih tentang Jurusan Biologi itu sendiri?

Tenang, pasti akan terjawab satu per satu

Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan, pada jurusan ini banyak melakukan objek kajian pada pengembangan sumber daya hayati dan akhir-akhir ini dikembangkan perekayasaan biologi (bioteknologi). Ada 6 garis besar pembagian ilmu di jurusan biologi yaitu meliputi ekologi dan pencemaran lingkungan, genetika, mikrobiologi, biokimia, kultur jaringan, serta struktur dan morfologi tumbuhan dan hewan. Biologi merupakan landasan dari ilmu-ilmu terapan seperti kedokteran, pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, dan farmasi, sehingga seorang biolog dapat berpartisipasi pada ilmu-ilmu tersebut.

Bagaimana prospek kerja lulusan Jurusan Biologi murni beserta tempatnya?

Di luar negeri, Jurusan Biologi adalah jurusan yang sangat populer dan memberikan prospek yang besar dan lulusannya bisa terjun ke banyak bidang penelitian.

Di Indonesia,  lulusan biologi bisa masuk ke bidang penelitian (LIPI, Inhutani, Perhutani), bidang konservasi dan perlindungan alam, bidang pendidikan (dosen dan guru), juga bidang industri seperti industri makanan fermentasi, industri perkebunan, industri pertanian dan kehutanan dan bisa juga menjadi Forensic Analyzer di Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik) POLRI.

Di badan milik pemerintah dan swasta seperti : Badan Lingkungan Hidup (BLH), LIPI, BP POM, Perum. BULOG, Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Tropical Disease Research Center (TDRC), PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat), PT Nestle Indonesia, PT. Indofood, PT Campina, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, PT MEMTITO Indonesia, PT Panca Mitra Multi Perdana, lembaga perbankan (Mandiri, BRI, BTN), PT Tirta Sarana Sukses, Cheil Jedang serta media seperti Trans corp.

 

Lalu bagaimana keadaan Jurusan Biologi di Universitas Brawijaya?

Jurusan Biologi Universitas Brawijaya merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mewadahi dan memfasilitasi segala bentuk aktivitas yang berhubungan dengan ilmu dasar tersebut. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya dalam perkembangannya, telah mendapat banyak penghargaan dan telah diakui keberadaannya dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Satu-satunya jurusan di FMIPA UB yang telah berhasil meraih penghargaan dan status ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) adalah biologi. Selain dari kompeten jurusannya, mahasiswanya pun juga banyak yang mendapatkan prestasi-prestasi yang membanggakan seperti pada kejuaraan dalam kompetisi IGEM beberapa tahun terakhir. Jurusan biologi disini terbagi menjadi tiga program yaitu Program Sarjana (A), Program Magister (A) dan Program Doktor (B). Jurusan ini memiliki 2 peminatan diantaranya adalah peminatan ke hewan (zoologi) dan peminatan ke tumbuhan (botani). Pada kedua peminatan tersebut dibagi menjadi beberapa bidang minat antara lain: Fisiologi Tumbuhan, Fisiologi hewan, Mikobiologi, Imunologi, Bioteknologi, Biologi kedokteran, Histologi, dll.

 

Lalu bagaimana terkait pelajaran di Jurusan Biologi murni?

Sesuai dengan yang saya alami di Biologi UB ini pada semester 1 masih mempelajari ilmu-ilmu dasar seperti Biologi Umum, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Biokomputasi Dasar, Bahasa Indonesia-Inggris. Namun untuk semester selanjutnya sudah mulai terkonsentrasi pada mata kuliah yang sesungguhnya. Misal semester 2-4 mempelajari tentang antomi morfologi fisiologi tumbuhan-hewan, biostatistika, ekologi lingkungan, dll.

Susah senangnya dalam mempelajari ilmu ini tentu ada. Karena semua pilihan memiliki memiliki plus-minusnya, hal yang paling membuat susah adalah ketika laporan praktikum deadline dalam 1 hari 3 laporan tulis tangan, weeew.. Bisa dibayangkan kan bagaimana sensasinya?? Tenang, percaya pada firman Allah dalam Q.S Al-Insyirah: 5-6 yang artinya “Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Hal yang membuat bangga adalah dapat mempelajari dan menatap secara langsung tentang semua yang telah diciptakan Allah Ta’ala, Sungguh Maha Besar Ciptaan Allah yaa Kariim. Al-Ilmun hayat atau darsul biyuluji, ilmu tersebutlah yang mengajarkan saya untuk selalu bersyukur, untuk selalu menjaga karunia-Nya hingga kini saya tahu siapa saya, bagaimana hidup dan kehidupan J

Nah itu sedikit gambaran mengenai apa-apa saja yang akan teman-teman jumpai pada Jurusan Biologi Murni FMIPA. Karena saya masih tingkat ketiga, maka yang diposting pun baru pada umumnya saja. Tapi jangan jadikan hal ini menjadi penghalang teman-teman untuk masuk di jurusan yang mencintai alam ini, cerita diatas bukan maksud untuk menakut-nakuti justru memberi persiapan yang lebih dini, Hihii.. tetap semangat!! Ditunggu yaa kabar baiknyaa.. Jangan lupa ikhtiar, doa dan tawakal J kalau ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan diinbox-an di Fb: Asri Astuti Ningsih/ line dengan ID: 17astuti

“Maka apa bila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (QS Ali Imran: 159)

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih

Wassalammualaykum warohmatullahi wabarokatuh,

 

7 thoughts on “Biologi Murni, Jurusan Biasa Prospek Luar Biasa (Tentang Jurusan Biologi)

  1. Hati2 kalo pilih jurusan, gw dulu pernah masuk jurusan biologi murni UGM, tapi gw gak selesai, malah gw hampir gila, soalnya praktikum & laporannya itu loh, bener-bener nyita waktu.. Jadi kalo milih jurusan, lu musti lihat dulu apa aja yang dipelajari, gimana sistem perkuliahannya,

  2. Bagai mna cara belajar nya biar cepaet paham dalam pemahamani sesuatu yg sulit .
    Di jurusan ini banyak kata2 ilmiah nya .
    Dan cara belajat yg efektif itu yang bagai mna ya ?
    Terimakasih

    1. Banyak kata2 ilmiah, karna memang murni lebih ke ilmiahnya, jadi tipsnya adalah sering2 baca terutama baca jurnal saintek internasional. Kalau ada kata2 yg ga paham disearch sinonimnya insyaAllah di google ada jawaban maknanya.
      haloo, ngomongin tentang belajar efektif. Gimana sih belajar yang efektif? Cara belajar seseorang ada banyak tipe, dan tergantung orangnya sendiri gimana bisa belajar dengan nyaman dan bisa ngolah materi. Mungkin bisa berdasarkan waktu, keadaan bisa juga berdasarkan cara. Waktu bisa malem, pagi, atau bahkan siang. Keadaan bisa saja harus dengan musik, bisa ditengah keramaian bareng2, atau butuh tempat tenang dan sunyi. Kemudian untuk cara bisa dengan membaca sekilas atau bisa dengan meriview kembali dirumah materi yg didapatkan ketika kuliah tadi.

      Kalau berdasarkan pengalaman saya, saya merasa efektif dengan waktu malam, keadaan harus tenang dengan cara review ulang materi kuliah. Semoga membantu :)

  3. jurusan yang punya cakupan sangat luas, harus hati2 dengan luasnya biologi tersebut, mahasiswa perlu menentukan spesifikasi bidang yang akan digelutinya secara serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *