Pendidikan Fisika BUKAN Sekedar Rumus Belaka (Tentang Jurusan Pendidikan Fisika)

 

Apa yang pertama kali terlintas dengan kata fisika? Kumpulan rumus? Diketahui, ditanya, dijawab? Penyelesaian yang panjang? Lalu bagaimana dengan jurusan Pendidikan Fisika? Membayangkan sosok guru fisika yang sedang menjelaskan materi fluida dinamis? Di sini saya akan sedikit mengulas tentang jurusan Pendidikan Fisika. Semoga bermanfaat.

Kebanyakan orang beranggapan Pendidikan Fisika penuh dengan rumus yang belum dipahami apa manfaatnya. Seperti yang didapat di bangku SMA sederajat mengenai materi efek foto listrik yang berupa gambaran partikel mengenai suatu benda. Mengenai ketetapan Plank, ketetapan Boltzman, konstanta yang berubah setiap berbeda materi, kita mendapatkan pelajaran yang mungkin belum dapat kita bayangkan seperti apa bentuk dan kerjanya.

Fisika berasal dari bahasa Yunani: φυσικός (fysikós), “alamiah”, dan φύσις (fýsis), “alam”. Menurut istilah, fisika adalah sains atau ilmu tentang . Fisika mempelajari berbagai gejala alam. Pengetahuan tentang fisika bisa kita dapatkan melalui pengamatan. Mungkin ketika duduk di bangku SMA kita tidak banyak melakukan praktikum di laboratorium karena dalam waktu yang singkat kita harus mempelajari materi yang begitu dahsyat banyaknya sehingga kita kurang khusyu’ dalam memaknai fisika.

 

 

Apa yang dipelajari di Pendidikan Fisika?

Banyak yang mengira bahwa di Pendidikan Fisika hanya akan diajarkan materi-materi fisika yang akan diajarkan di SMA saja. Padahal kenyataannya banyak materi yang dipelajari mengenai pendidikan dan fisika.

Jurusan yang berlabel “pendidikan” tidak akan terlepas dari pembelajaran pendidikan. Semester awal, kita akan mendapatkan mata kuliah Ilmu Kependidikan. Di sana kita akan belajar mengenai cara mengajar anak didik, cara memahami lingkungan, hingga mempelajari kondisi psikis anak didik yang tidak akan didapat selain di pendidikan. Selain itu, ada pula mata kuliah Dasar Kependidikan IPA. Lalu, apa bedanya Ilmu Pendidikan dengan Dasar-Dasar Kependidikan IPA? Di dalam Dasar Kependidikan IPA, kita akan dajarkan mengenai pembelajaran awal yang harus dipahami sebagai seorang IPA, mulai dari merumuskan masalah hingga mengkomunikasikan hasil pengamatan.

Jurusan yang tidak terlepas dari dunia pendidikan ini sangat berkalitan erat dengan adanya pengajaran. Di jurusan ini terdapat mata kuliah Kajian Fisika Sekolah, Perencanaan Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Manajemen Sekolah, dll sehingga dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa Pendidikan Fisika dalam mengelola pembelajaran. Jika di bangku SMA kita jarang melakukan praktikum karena waktu yang terbatas sedangkan banyak materi yang harus disampaikan oleh guru, maka di bangku perkuliahan tidak akan terjadi seperti itu. Kita memiliki mata kuliah untuk melakukan praktikum sehingga dapat mengasah skill kita seperti pembuatan perangkat belajar dengan media yang menarik sehingga anak didik kita kelak mudah memahami pelajaran yang disampaikan.

Semster awal, kita masih mendapatkan mata kuliah umum seperti Pancasila, Ilmu Sosial Budaya, Bahasa Indonesia, dll. Yang perlu ditekankan itu hanya di semester awal saja, selanjutnya kita akan belajar mendalam mengenai fisika dan pendidikan. Di semester awal pula kita akan mendapat mata kuliah Fisika Dasar. Mata kuliah fisika dasar memuat materi-materi yang kita dapat di SMA beserta pengembangannya. Selanjutnya materi tersebut akan dipecah-pecah menjadi mata kuliah yang lebih spesifik di semester selanjutnya, seperti Mekanika, Listrik Magnet, Gelombang dan Optik, dll sehingga kita akan lebih mendalami materi tersebut.

Fisika tidak terlepas dari menghitung. Berarti jurusan ini tidak terlepas dengan Matematika? Ya, tentu saja fisika tidak akan bisa lepas dari Matematika. Di semester awal, kita akan mendapat matematika dasar. Selanjutnya kita akan mendapat mata kuliah Fisika Matematik. Seperti yang kita ketahui di SMA, dalam mata pelajaran matematika ada materi vektor yang juga dipelajari di fisika. Contoh lain, di matematika terdapat materi integral dan diferensial yang juga kita gunakan dalam mengerjakan beberapa materi di fisika seperti dalam Gerak Lurus Berubah Beraturan mengenai s, v, dan a dengan θ, β, dan α. Begitu pula di perkuliahan, kita akan lebih banyak mendalami materi integral dan turunan tersebut.

Fisika pula tidak dapat terlepas dari IPA. Seperti yang kita ketahui, dalam fisika di SMA kita mempelajari materi Fisika Inti yang sebagian materinya ada di pelajaran Kimia tentang atom. Kemudian fisika yang berkaitan dengan Biologi seperti penggunaan radiasi gamma dan emisisi positron sebagai penghambat sel kanker. Dan masih banyak lagi materi fisika yang berkaitan dengan materi lain. Oleh karena itu, terdapat mata kuliah IPA Terpadu yang menghubungkan fisika dengan biologi maupun kimia.

Bagaimana dengan terjun langsung ke pengajaran?

Pada semester ganjil selama kurang lebih tiga bulan, sekolah-sekolah diisi dengan orang-orang berseragam hitam putih yang biasa disebut PPL. Mereka adalah mahasiswa-mahasiswa dari pendidikan yang menduduki semester 7. Pada masa PPL tersebut, mereka menerapkan ilmu-ilmu yang didapat di perkuliahan dan dapat mengajar langsung anak didik. Dan pada saat itu, para pengajar PPL dicari siswa untuk diminta berbagi ilmu . O ya lupa disampaikan, jurusan berbau pendidikan berkaitan dengan seragam hitam putih. Di PTN penulis, diwajibkan bagi jurusan berbau pendidikan mengenakan seragam hitam putih setiap hari Senin dan Selasa.

Lulusan Pendidikan Fisika mau jadi apa?

Jangan risau mengenai profesi, kamu hanya duduk di rumah banyak yang akan mencarimu untuk mengajari anaknya (re: ngelesi). Bahkan, ketika kamu masih kuliah, banyak yang menawari bahkan memintamu untuk mengajarinya karena fisika memang pelajaran yang seperti momok bagi siswa. Selain itu, kamu juga dapat menjadi guru les di lembaga-lembaga bimbingan, maupun melanjutkan menjadi profesi guru di sekolah-sekolah. Banyak yang bertanya lulusan pendidikan fisika nanti apa mudah dalam mencari profesi? Jangan khawatir mengenai persaingan pekerjaan. Lulusan pendidikan fisika tidak sebanyak lulusan lain. Jurusan Pendidikan Fisika di sekitar Solo hanya ada di Universitas Sebelas Maret sehingga kecil kemungkinan lulusan ini tidak mendapat pekerjaan. Selain itu, lulusan ini bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti S2 bahkan S3 untuk menjadi dosen, mempelajari banyak hal di luar sehingga menjadi ilmuwan, menjadi peneliti, dan masih banyak lagi profesi yang didapat dari alumni jurusan ini. Yang perlu diingat adalah semua yang ditakdirkan Allah swt. untuk umatnya sudah ada jalan-Nya, kita tinggal berusaha.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Jurusan Pendidikan Fisika. Sebagian yang saya tulis adalah dari pengamatan, wawancara, dan pencarian informasi serta sebagian yang lain adalah curahan hati penulis. Jika menemukan banyak kesalahan saya mohon maaf karena penulis hanyalah mahasiswa semester awal dan mohon segera menginformasikan. Saya sangat berterima kasih jika ada yang melapor. Penulis dengan terbuka menerima pertanyaan-pertanyaan yang masih menjadi misteri dibenak pembaca untuk ditanyakan di nomer 085647202073 atau via email atinarhmwt@gmail.com disertai nama dan instansi, jika bisa menjawab penulis akan membantu menjawabnya. Sekian dan selamat menentukan pilihan!

4 thoughts on “Pendidikan Fisika BUKAN Sekedar Rumus Belaka (Tentang Jurusan Pendidikan Fisika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *