Tentang Jurusan D3 Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi

 

Pertama – tama, tentang Universitas Gadjah Mana, yang sering disebut dengan kampus kerakyatan. Tediri dari 19 fakultas termasuk Fakultas Sekolah Vokasi. Tentang Sekolah Vokasi, di luar sana banyak orang-orang beranggapan bahwaa Sekolah Vokasi(SV) ini bukan bagian dari UGM. Maka perlu diketahui bahwa SV ini merupakan salah satu fakultas dari UGM.

Selanjutnya, pembahasan akan menuju Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Prodi ini sama seperti Sarjana Ilmu Komputer. Disini kami mempelajari code and code everywhere. Karena jenjang kami D3, sekilas sama dengan pelajaran SMK Multimedia, namun disini lebih dalam dan luas. Disini kami mempelajari bagaimana sejarah komputer, pengantar komputer, dan tentunya coding. Bahasa pemrograman yang digunakan C++ selanjutnya Java. Selain itu ada juga pemrograman web, jadi biasanya setiap akhir semester ada tugas akhir semester untuk membuat template web gitu. So, untuk kalian yang ingin memasuki jurusan ini wajib mengerti atau paling enggak kenal dululah dengan bahasa pemrograman.

Pembelajaran di D3 KOMSI ini setiap harinya ada teori dan juga praktikum. Praktikum kami tidak ada laporan. Dan biasanya tugas – tugas dikirim ke email dosen atau asisten dosen. Dengan begitu kami bisa menghemat kertas dan ikut serta menjaga kelestarian bumi ini.

Semester pertama masih begulat dengan Kalkulus, Algoritma dan sejenis hitung-hitungan lainnya. Serta pengetahuan masih seputar dasar- dasar komputer, masih penuh dengan teori-teori. Namun di semester pertama ini sudah mempelajari pemrograman dengan bahasa C++. Jangan bingung hehe. Sepertihalnya pada semester kedua, ada mata kuliah lanjutan (lanjutan dari semester satu dan mata kuliah baru).

 

 

Berbeda lagi dengan semester ketiga, kami rasa pada semester ini banyak berkecimpung dalam analisis sistem. Analisis sistem itu seperti perancangan segala kebutuhan dan alur ceritanya sistem sebelum dieksekusi oleh programmer. Matakuliah yang semacam ini tidak akan ditemui code. Namun tetap saja ada mata kuliah lain yang mengoding. Jadi bagi teman-teman yang merasa belum cukup berkemampuan sebgai programmer, kalian bisa mengambil perkerjaan sebagai sistem analisator.

Selain belajar coding, di D3 KOMSI juga belajar teknologi jaringan, membuat film, fotografi tapi jangan berharap lebih kalau di sini bakal diajari desain grafis. Sebab design grafis itu harus kalian eksplor sendiri dalam diri kalian. Kami disini tidak harus bisa desain grafis kok, jadi tenang teman-teman.

D3 KOMSI memiliki 2 jenis peminatan yaitu Sistem Informasi dan Multlimedia. Singkatnya Sistem Informasi itu bergulat dengan pemrograman web atau aplikasi-aplikasi. Sedangkan di Multimedia itu biasanya membuat film biasa maupun kartun, membuat aplikasi game dan lain-lain. Yang jelas semua itu tetap bergulat dengan code.

Kami juga tak lepas dengan organisasi himpunan Mahasiswa KOMSI atau biasanya disebut dengan HIMAKOMSI. Himpunan ini sering mengadakan acara-acara untuk umum maupun khusus untuk KOMSI sendiri yang tentunya acaranya seru-seru. Jadi jangan selalu tegang dalam pemrograman, berpartisipasilan dengan himpunan atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) agar lebih mengeksplor diri kamu.

Baru-baru ini D3 KOMSI akan dibuatkan D4 KOMSI. Dengan adanya D4 ini maka akan semakin mudah, karena bisa langsung meanjutkan S2 di dalam negeri maupun luar negeri. Doakan saja segera disetujui pembentukan D4 KOMSI ini.

 

Dari

Nama   : Lutfi Fitriainsani (mahasiswa smt3 D3 KOMSI UGM)

No.hp  : 085799514906

 

 

3 thoughts on “Tentang Jurusan D3 Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi

  1. Kak aku kurang akrab sama yang namanya code code. Tapi pengen masuk ke jurusan ini. Kalo menurut kakak gimana baiknya ?

  2. Hai Jajaa! Terima kasih sudah bertanya.

    Yang menjalani nanti kan kamu sendiri, coba di rasain aja, istiqarah. Aku yakin kamu lebih memahami dirikamu sendiri dari pada saya.

    Kalau masalah kurang akrab, nanti juga akan akrab. Semua manusia kan berawal dalam keadaan bayi yang sama yaitu tidak tahu apa-apa sedikitpun dan tidak akrab dengan apapun. Tapi manusia itu akan tumbuh dan menyesuaikan apa yang ia hadapi. So, masalahnya berani hadapi tantangan dan mau belajar kemudian berusaha menjadi yang terbaik kembali kepada diri sendiri. OK?

  3. Assalammu’alaykum,sy ibu satu anak, usia 26 tahun,bisa ngga ya sekolah/kuliah lagi di jurusan ini(komputer). Sy lulusan bisnis manajemen (pemasaran). Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *