Baru, Pertama Di Indonesia! Jurusan untuk Menyongsong Kebahagiaan Masyarakat (Tentang Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil)

 

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh, guys..
Sebelumnya, Ahlan Wa Sahlan di web Formaiska.

Kali ini, ane akan sharing tentang jurusan ane, masih fresh banget katanya (iyalah baru angkatan pertama wkwk), yaitu jurusan Demografi & Pencatatan Sipil. Dari namanya, pasti sobat semua merasa tidak asing. Yupss.. “Catatan sipil” pasti isinya tentang Administrasi kependudukan, KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dll. Lalu, Demografi itu apa? Demografi yaitu Ilmu yang mempelajari tentang penduduk.

Jadi, jurusan ini hanya belajar tentang akta, kartu, dan penduduk, Kak? Jawabannya, tidak juga..hehe. Jurusan ini masuk ke dalam fakultas Hukum. Kok masuknya fakultas hukum? Nah, itu yang bikin asik. Misalnya KTP. KTP itu siapa yang punya? WNI, kan? Dari materi PKn, teman-teman pasti sudah tahu apa itu Warga Negara. Warga negara ini pasti dalam kesehariannya berkaitan dengan hukum. Nah, jadi di sini kita tidak melulu belajar tentang penduduk aja, Sob. Kita juga belajar tentang hukum. Kenapa? Ya.. biar Hitzz wkwk. Enggak lah, ya. Karena soal penduduk mesti erat kaitannya dengan hukum sehingga pada dasarnya kita harus belajar mengenai hukum.

Lalu, apa istimewanya jurusan ini, Kak?

Wah, kalau ini pertanyaan yang boleh bangetzz dijawab. Keistimewaannya yaitu jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil ini merupakan jurusan pertama di Indonesia. WOW banget, kan? Soal peluang kerja, kalau kita berusaha insyaAllah pasti nanti akan sukses. Aamiin.. Keistimewaan lain dari jurusan ini yaitu latar belakangnya. Kalau dilihat dari kondisi penduduk Indonesia yang berkembang alias banyak sekali, maka dibentuk jurusan ini yang menjadi cikal bakal tenaga kerja ahli yang paham ilmu mengenai bidang yang mengurus seluk beluk kependudukan dan pencatatan sipil.

Kalau dalam urusan pemerintahan ada IPDN, bea cukai dan pajak ada STAN, statistika ada STIS, dan yang spesial Demografi dan Pencatatan Sipil ada nih di UNS. Jadi, kenapa enggak?

Karena kuliah di jurusan ini, saya dan teman-teman pernah mempunyai kesempatan bertemu dengan Dirjen Catatan Sipil, looh..
Apa aja pesan-pesannya beliau?

Jadi, jurusan ini sebagai upaya progam Direktorat Catatan Sipil mewujudkan Pelayanan ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN YANG MEMBAHAGIAKAN MASYARAKAT. Wah, keren ya? Jelass..hehe

Seiring berkembangnya zaman, pasti teknologi semakin maju. Kita bisa manfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk pelayanan data kependudukan yang cepat, akurat, dan bermanfaat. Menurut kalian, bagaimana jika nanti kita bisa pakai satu kartu buat KTM, ATM, KTP, dan DEBIT? Bukankah lebih efisien? Wahh, pengen kan? Kalau data penduduk lengkap dan akurat, so pasti nanti bermanfaat untuk pembangunan yang merata di seluruh Indonesia.

Bahkan nih teman-teman, dalam Islam sendiri sudah diatur mengenai hal-hal yang menyangkut kependudukan dan pencatatan sipil. Contohnya pernikahan, perceraian, KB, dan yang lain. Jadi, Islam memiliki konsep kependudukan yang berorientasi kepada kesejahteraan dan kebahagiaan hidup keluarga. Jauh dari cita-cita kependudukan secara umum, cita-cita Islam bukan sekedar kebahagiaan sementara di dunia, tetapi kebahagiaan dunia akhirat. Memandang bahwa esensinya bukan pada peningkatan atau penurunan pertumbuhan penduduk, melainkan pada kesejahteraan dan kualitas masyarakatnya.

Jadi, gimana? Sudah tertarik? Masih banyak lagi ilmu yang dapat dikaji di jurusan ini yang intinya menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan yang pasti dapat menyusun standar kualifikasi SDM pelaksana Administrasi kependudukan.

Wah, sudah banyak yaa sharing nya.. Cukup sekian dulu, kalau mau tahu lebih banyak lagi, bisa
ke akun IG ane yaa @safgiz

Eittss, sebelum berakhir, ada pesan nih..

First, never feel tired of learn, so we must be learn learn and learn.
Last, don’t look the successness of the people, but look how the way become success!

Salam DPS
DPS Mantaps Djiwa

Jazakumullah khairan wa baarakallahu fiikum..
Mohon maaf apabila ada yang salah kata dari penulis,
Wassalamu’aykum warahmatullahi wabarakatuh..
Riq

8 thoughts on “Baru, Pertama Di Indonesia! Jurusan untuk Menyongsong Kebahagiaan Masyarakat (Tentang Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil)

  1. Maaf kak, apakah ujian masuk tahun ini tetap menyesuaikan dengan tahun kemarin (bhs inggris, tpa, wawancara) atau seperti prodi lain (tkd soshum, tpa)? Dan jika berkenan boleh diceritakan suka duka berkuliah di prodi ini kak? Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *