Pendidikan Bahasa Inggris Tidak Melulu Harus Jadi Guru (Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris)

 

“Good morning, class. How are you, today?”

Assalamu’alaikum, teman-teman. Sudah sering kan denger kalimat itu di kelas? Siapa sih yang biasa bilang kalimat itu? Yap. Guru Bahasa Inggris. Bagaimana rasanya belajar Bahasa Inggris dengan guru kalian di sekolah selama ini? Pasti ada di antara kalian yang sangat suka dengan mata pelajaran ini. Nah, sekarang aku mau cerita mengenai bidang studi yang ditekuni oleh para Guru Bahasa Inggris waktu kuliah, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris.

Apa itu Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

Jurusan atau program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu jurusan jenjang S1 (Strata 1) di rumpun pendidikan dan ilmu keguruan. Seperti namanya “Pendidikan”, jadi jurusan ini adalah jurusan di mana kalian dipersiapkan menjadi seorang guru atau tenaga pengajar yang berkompeten. Kompeten di bidang pengajaran Bahasa Inggris tentunya. Nah, bedanya dengan Sastra Inggris, jurusan ini akan lebih banyak mempelajari mengenai skill mendidik daripada teori-teori sastra, meskipun pastinya kita pun akan belajar tentang hal itu. Jadi ketika kalian memilih Pendidikan Bahasa Inggris, kalian akan memperoleh dua bidang sekaligus, yaitu mengenai kesusastraan inggris serta ilmu pendidikan itu sendiri. Gelar yang akan kalian dapat setelah lulus dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah S.Pd (Sarjana Pendidikan), sedangkan ketika kalian memilih jurusan Sastra Inggris, kalian akan mendapat gelar S.S (Sarjana Sastra).

Perlu diketahui kalau Pendidikan Bahasa Inggris ini tidak selalu berada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan karena tidak setiap kampus atau perguruan tinggi memiliki nama yang sama dalam fakultas yang dimilikinya. Lalu kampus mana saja sih yang ada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini? UNS (FKIP), UNY (FBS/Fakultas Bahasa dan Seni), UNNES (FBS), UPI/ Universitas Pendidikan Indonesia (FPBS/ Fakultas Pendidikan Bahasa dan Satra), Unsoed (Fakultas Illmu Budaya/FIB), IAIN dan UIN (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan),UMS (FKIP), dan masih banyak lagi kampus lain negeri dan swasta yang memiliki program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

1. Basic skill atau keterampilan dasar. Keterampilan dasar dalam bahasa pada umumnya yaitu, reading, listening, writing, dan speaking. Jadi tidak perlu khawatir misalkan kalian merasa skill kalian saat ini belum cukup, karena kita akan belajar semua mulai dari nol. Siasat untuk nambah skill ini pastinya adalah memperbanyak interaksi dengan Bahasa Inggris pastinya. Karena modal utama dalam bahasa adalah kekayaan akan kata atau vocabulary, jadi semakin banyak kita berinteraksi dengan Bahasa Inggris, koleksi vocabulary pun akan otomatis bertambah. Kalian bisa belajar dari film maupun buku-buku berbahasa Inggris.
2. Pedagogical Skill atau keterampilan yang berhubungan dengan pendidikan dan pengajaran. Disini kalian akan belajar mengenai bagaimana cara menjadi seorang pengajar secara mendalam, skill manajemen kelas, psikologi pendidikan, media pembelajaran, perencanaan pembelajaran, kurikulum dan lain-lain.
3. Skill pendukung lain. Di sini menariknya, buat kalian yang udah masuk di pendidikan bahasa Inggris tetapi tidak ingin menjadi guru, tenang saja. Karena kalian juga akan mempelajari skill pendukung seperti bidang jurnalistik, pariwisata (tourism), dan hotel. Seru, kan? Kalian tidak akan bosan dengan mata kuliah umum yang sudah disebutkan tadi, malah kalian akan memiliki skill lain yang bisa menunjang karier kalian.

Kalau sudah lulus, lulusan Pendidikan Bahasa Inggris nanti bisa kerja dimana?

Soal prospek kerja, lulusan Pendidikan Bahasa Inggris bisa bekerja bahkan menciptakan lapangan pekerjaan. Yang pertama pasti kalian bisa menjadi guru, atau dosen jika kalian melanjutkan studi S2. Kalian juga bisa menjadi seorang peneliti pendidikan maupun bahasa, menjadi tour guide, jurnalis, serta menciptakan lapangan kerja, seperti wirausaha di bidang pendidikan, mendirikan lembaga kursus, konsultan pendidikan, penerjemah, atau bekerja di instansi pemerintah dan berbagai bidang lain. Kompetensi lulusan Bahasa Inggris sebenarnya dapat bekerja di bidang apa saja, karena saat ini Bahasa Inggris itu sendiri digunakan di hampir semua bidang ilmu.

Ku kira seperti itulah kurang lebih gambaran mengenai jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Gimana? Tertarik? Hihi. Semoga yang sedikit ini bisa membuka wawasan kalian mengenai jurusan yang akan kalian pilih, ya. Kalau kalian tertarik dengan jurusan ini kemudian memilih jurusan ini sebagai pilihan kalian, semoga Allah mudahkan buat kalian. Do your best and don’t ever forget to pray. Because there is no way except from Allah. Good luck :)

Jika ada hal yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa hubungi kita via chat, ya.
Hermawati 0858-7966-5272 (WhatsApp only), Anggi (0838-6690-2099)

One thought on “Pendidikan Bahasa Inggris Tidak Melulu Harus Jadi Guru (Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris)

  1. Makasih banyak,berkat artikel ini, aku yang tadinya dipaksa orang tua buat ngambil jurusan ini jadi mau,ternyata jurusan pendidikan bahasa inggris enggak akan selalu berakhir jadi guru,
    jadi semangat dan gak sabar buat kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *