Tak Perlu Minder Memilih Jurusan Ini! (Tentang Jurusan Pendidikan Agama Islam)

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Udah mendekati akhir tahun ajaran nih, teman-teman kelas XII. Masih bingung mau daftar kuliah dimana dan jurusan apa? Kalian tentu pernah mendengar jurusan Pendidikan Agama Islam, kan? Mendengar istilah Pendidikan Agama Islam, apa sih yang terpikir dalam benak kalian? Guru agama? Guru TPA (ustadz & ustadzah)? Baper ingat cerita manis bersama teman kecil di TPA atau ingat dulu pernah dihukum guru agama? (uupsss, luka lama 😀). Okay, langsung saja di sini saya akan memberikan sedikit informasi terkait dengan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Apa sih jurusan Pendidikan Agama Islam itu?

Pendidikan Agama Islam adalah proses yang mengarahkan manusia kepada kehidupan yang baik dan mengangkat derajat kehidupan sesuai dengan fitrah kemampuan ajar yang dimiliki melalui proses kependidikan yang dilandasi nilai-nilai islami. Jurusan PAI masuk dalam rumpun Pendidikan & Keguruan, tentunya mempelajari bagaimana cara mendidik, strategi atau metode pengajaran, dan juga mempelajari bagaimana cara memahami psikologi anak didik di dalam kelas.

Di jurusan ini terdapat mata kuliah, antara lain:
• Ulumul Hadits
• Ulumul Qur’an
• Aqidah
• Akhlaq
• Mufrodatul Qur’an
• Balaghotul Qur’an
• Shoroful Qur’an
• Ilmu Pendidikan Islam
• Tarjamatul Qur’an
• Pendidikan Aklaq
• Pendidikan Hadits
• Pendidikan Aqidah
• Falsafah Pendidikan Islam
• Pendidikan Bahasa Arab dan masih banyak lagi.

Mungkin mata kuliah tersebut terdengar asing bagi teman-teman yang latar belakang pendidikannya bukan dari pondok atau belum pernah bersekolah di sekolah yang berbasis Islam. Jangan berkecil hati, banyak dari teman saya yang berasal dari SMA dan SMK Negeri yang justru menjadi mahasiswa berprestasi di jurusan ini. Tentunya, dalam meraih suatu hasil itu harus dibarengi dengan semangat, keikhlasan, usaha dan doa.

Seperti yang dijelaskan dalam surat Ar-Ra’d ayat 11 yang artinya:

“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan seorang kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Tentunya ikhtiar dan doa dibarengi dengan niat yang lurus InsyaAllah akan memudahkan”

Sama seperti prodi lain yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dalam mata kuliah Pendidikan nanti akan ada praktek yang namanya Microteaching, selain itu kita juga diminta menyusun Rencana Pelaksanaan Pendidikan (RPP) serta diminta untuk membuat buku ajar.

Bagaimana Prospek Kerja dari Jurusan Ini?

Prospek kerja sarjana PAI di antaranya menjadi pendidik, peneliti, penulis buku ajar, Kepala Sekolah, dan bisa juga menerapkan ilmu agama yang dimiliki dalam bidang kewirausahaan.

Jadi gimana? Tertarik dengan jurusan PAI?
Banyak yang curhat “Kak, saya pengen masuk di prodi PAI tapi takut ini..itu”, “Minder Kak ambil jurusan PAI”, dan masih banyak curhatan lain.

Ada jawabannya, nih.

“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR.Bukhori).

Salah seorang dosen di kampus (Ust.Tamim) berkata, “Kalian itu harusnya bahagia bisa masuk di jurusan PAI,bukankah hampir setiap hari kalian mempelajari ayat dan hadits Allah dan saat pembelajaran tentu kalian sering membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang setiap hurufnya terhitung 10 pahala. Jadi bersyukurlah berada di lingkungan ini.”

Soo, masih ragu ambil jurusan PAI?
Okee.. Mungkin segitu dulu penjelasan dari saya. Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan hubungi 083866681391 (Sarah)
Semoga bermanfaat, ya! Jazakumullahu Khoiron Katsiron. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *