Pengobatan Holistik, Tanpa Kimia dan Efek Samping (Tentang Jurusan Akupunktur)

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi warabakatuh..

Nggak afdhol kalau nggak dimulai dengan salam apalagi menjawab salam, Sob. Hehe. Oke, langsung aja buat kalian yang lagi bingung milih jurusan dan galau nggak berkesudahan, kita di sini akan membahas mengenai jurusan unik yang limited edition di Indonesia, “Jurusan Akupunktur”. Eh, emang ada ya jurusan begituan?? Ada! Ikuti pembahasannya di bawah!!!

Apa itu jurusan Akupunktur?

Jurusan akupunktur merupakan jurusan yang diadakan oleh perguruan tinggi di Indonesia sebagai solusi supaya terapis atau praktisi akupunktur dapat terstandarisasi sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas terapi. Jurusan akupunktur ini memiliki 2 prodi andalan yaitu D-III dan D-IV Akupunktur. Perbedaannya bisa dilihat dari segi pembelajarannya. D-III ini ditempuh selama 3 tahun dan mempelajari ilmu akupunktur keseluruhan, sedangakan D-IV ditempuh selama 4 tahun dan mempelajari ilmu akupunktur keseluruhan dengan poin plus di bidang estetika. Kalo dilihat dari segi gelarnya, D-III ini bergelar “Amd., Akp” dan D-IV “S.Tr., Akp”.

Hingga tulisan ini dibuat, hanya ada 3 perguruan tinggi yang mengadakan jurusan ini secara resmi dengan gelar Diploma. Oke, mari kita ulas sedikit mengenai 3 peguruan tinggi ini. Ada akademi akupunktur milik swasta dengan program D-III Akupunktur saja, yaitu Akademi Akupunktur Surabaya dan Akademi Akupunktur Malang. Dan satunya lagi milik Kemenkes,  yaitu Poltekkes Surakarta dengan program D-III dan D-IV Akupunktur.

Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin masih ada yang bertanya-tanya, akupunktur itu apa sih? Secara bahasa, Akupunktur itu berasal dari kata “acus” yang artinya “jarum” dan “puncture” berarti “tusuk”. Bisa juga diartikan dengan teknik memasukkan jarum ke dalam “titik akupunktur” tubuh untuk dapat memulihkan kesehatan.

Kenapa memilih jurusan Akupunktur?

Temen-temen tahu nggak sih apa itu holistik? Holistik adalah menyeluruh. Yak, akupunktur itu adalah pengobatan yang menyeluruh dan mengenai seluruh organ yang mengalami permasalahan.

Oke, jurusan akupunktur ini merupakan jurusan paling kece menurut saya pribadi. Kenapa? Karena kuliah di jurusan ini, kita jadi belajar mengenai ilmu kedokteran timur yang pusatnya di China sono tanpa harus ke China, hehe.. Belajar Akupunktur itu tidak akan jauh-jauh dari ilmu kedokteran timur dan merupakan teknik pengobatan yang sudah digunakan turun temurun oleh para tabib di China selama puluhan ribu tahun hingga sekarang, bahkan sebelum kedokteran barat itu lahir. Jadi di Jurusan ini kita akan belajar mengenai “NENEK MOYANGNYA” ilmu kedokteran. Keren, kan?! Nggak salah kalau ada hadist walaupun beberapa bilang dhoif tapi ada benernya juga, yang isinya semacam ini: “Belajarlah sampai ke negri China!”

Di jurusan ini nantinya kita nggak cuma belajar teknik menggunakan jarum, tapi ada banyak pelajaran lain yang sama dengan kedokteran dan keperawatan seperti anatomi, fisiologi tubuh, biokimia, dll. Kita akan belajar ilmu kedokteran barat yang dikombinasikan dengan kedokteran timur sekaligus. Dan ternyata kalau dikorelasikan dengan thibbun nabawi banyak cocoknya, bahkan kita juga belajar bekam.

Dalam Q.S Al-Ma’idah ayat 32 disebutkan bahwa “Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia maka seolaholah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”. Jurusan ini cocok buat kamu yang pengen belajar kedokteran sekaligus berperan di masyarakat menggunakan pengobatan yang anti-mainstream. Jurusan ini bisa jadi solusi atas kegalauanmu! Terutama bagi kalian-kalian yang ingin menebar manfaat di bidang kesehatan sekaligus menerapkan sunnah. Acupuncture is the best choise, dude!

Akupunktur bisa menyembuhkan penyakit?

InsyaAllah bisa! Buktinya pengobatan ini bertahan dan dipertahankan selama puluhan ribu tahun sampai saat ini. Akupunktur juga dikembangkan lagi oleh Jepang, Korea, Jerman, dan banyak negara lainnya. Nggak mungkin kan, bertahan selama itu dan meluas kemana-mana kalau nggak terbukti nyata efeknya?

Kalau masih ragu, ada ribuan bukti penelitian ilmiah yang bisa dicari online yang membahas manfaat akupunktur dan terbukti nyata menyembuhkan penyakit. Efek klinisnya sangat signifikan dan jangan diragukan! Dari penelitian yang dilakukan, para ilmuwan, ditemukan kemanjurannya untuk sakit kepala, nyeri, mual, dll. WHO juga memberikan persetujuan terhadap praktik akupunktur sendiri, yang mana berarti dunia ini “welcome” dengan pengobatan ini dan tidak meragukan manfaatnya bagi kesehatan umat manusia. Kami para mahasiswa di jurusan ini juga merasakan manfaatnya secara langsung.

Terus, bagaimana prospek kerja ke depannya?

Akupunktur masuk ke dalam rumpun keterapian fisik yang berarti kita lulusan akupunktur baik D-III maupun D-IV bisa bekerja sama dengan profesi tenaga kesehatan lain seperti dokter, perawat, bidan, fisioterapi, dll. Banyak lapangan kerjanya dan masih terbuka lebar bagi para lulusan untuk memasuki instansi seperti Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas. Bahkan lulusan dari jurusan ini dapat membuka wirausaha sendiri. Jangan ragu dengan prospek ke depan karena Allah yang menjamin rezeki tiap-tiap nyawa ^_^ Kamu nggak akan merasakan kesia-siaan karena masuk jurusan ini, Sob!

Bismillah, jangan lupa shalat istikhoroh ya. Dan jangan ragu untuk menebar manfaat melalui akupunktur! Kalo pengen kepo tentang jurusan ini hubungi aja WA-nya Mahfud Rivai (085878679521), mahasiswa D-IV Akupunktur Poltekkes Surakarta yang insyaAllah bisa menjawab kegalauanmu tentang jurusan ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh… ^-^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *