Tak Sekadar Melestarikan Budaya Bangsa (Tentang Jurusan Jamu)

 

Hay, teman-teman mau lanjut kuliah kemana nih? Udah punya target belum?

Sudah kenal kah teman-teman dengan jurusan jamu?

Kali ini saya ingin menjelaskan sedikit nih tentang Jurusan Jamu. :)

“Apa, kak?  Jamu???

“Iya, Jurusan Jamu, dek.”

“Emang ada Jurusan Jamu?

“Ada dong. Ini satu-satunya Jurusan Jamu yang ada di Indonesia bahkan di dunia.

 

Kalian pasti tahu jamu yang biasa dijual sama perempuan yang agak tua berpakaian tradisional dan memakai botol yang diwadahi di bakul yang digendong dan menjajakannya sambil teriak-teriak,

Jamu  jamu jamu ……”

Ini kan yang ada di pikiran kalian mengenai jamu? Tapi jurusan yang satu ini bukan hanya yang seperti itu, gaes.

“Lalu seperti apa kak jurusan jamu itu?

Ini dia profil jurusan jamu!

Nah, Jurusan Jamu itu salah satu jurusan yang ada di Politeknik Kesehatan Surakarta. Jurusan ini satu-satunya yang ada di Indonesia. Kita di sini belajar mengenai tanaman-tanaman yang mempunyai khasiat obat, mempelajari tentang penyakit-penyakit, mengkaji pasien dan juga tentang pendosisan sediaan-sediaan jamu. Jurusan Jamu saat ini ada di kampus 3 Poltekkes Surakarta, tepatnya di kota Klaten.

Jurusan jamu ini terbentuk atas instruksi presiden Susilo Bambang Yudhoyono supaya Indonesia memiliki institusi yang melestarikan jamu dan mengembangkan tanaman obat yang ada di Indonesia dan bisa bersaing di dunia internasional menandingi pengobatan tradisional Cina. Jurusan Jamu yang baru memiliki prodi D-III rencananya akan mengadakan prodi D-IV.

Jurusan Jamu punya lagu pembangkit semangat lho supaya membawa jamu menjadi brand Indonesia . Judulnya yaitu “Jamu Brand”.

 Alam indonesia yang kaya raya bumi pertiwi

Penghasil rempah tanaman obat di kagumi dunia

Obat tradisional indonesia penyehat bangsa

Warisan budaya nusantara peninggalan nenek moyang tercinta

Indonesia raya jadikan jamu brand indonesia

Minumlah jamu brand indonesia

Kami mahasiswa jurusan jamu generasi pilihan bangsa

Siapkan tekad abdikan diri tuk kembangkan potensi jamu.

Nah, itu cuplikan lagu penyemangat untuk menjadikan jamu sebagai brand Indonesia. Lagu itu diciptakan oleh kepala jurusan jamu, beliau adalah Bapak Indarto A.S.,S.Pd.,M.Kes. Lagu tersebut membuat semangat kita untuk memajukan jamu sebagai pengobatan tradisional Indonesia.

Lalu, gimana prospek kerjanya, Kak?

Pertanyaan bagus.

Kita di jurusan jamu dicetak untuk menjadi pelayan kesehatan tradisional.

Apa itu pelayan kesehatan tradisional?

Lulusan dari D-III jamu diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan terapi menggunakan bahan-bahan dari tanaman obat yang memiliki khasiat untuk pengobatan suatu penyakit. Lapangan pekerjaan yang tersedia yaitu bekerja di klinik-klinik kesehatan, puskesmas yang memiliki pelayanan kesehatan tradisional, mendirikan sendiri klinik pelayanan kesehatan tradisional, ada pula yang masuk ke industri pabrikan jamu bagian RnD, QC, asisten supervisor, dan masih banyak peluang yang lainnya.

Oke, gitu dulu aja ya sharing mengenai Jurusan Jamu. Kalau kalian penasaran, kuy masuk Jurusan Jamu! hehe

Indonesia itu kaya, namun Indonesia tak sadar akan kekayaannya. Jadilah generasi yang sadar akan kekayaan itu dan manfaatkan segala anugerah yang dikaruniakan Allah SWT kepada kita. Itulah salah satu bentuk rasa syukur akan karunia Allah. Mari lestarikan warisan tradisional dengan pikiran dan tindakan yang modern.

Hidup jamulog Indonesia! Jayalah jamulog Indonesia!

 

Untuk informasi selengkapnya bisa hubungi Mahfud Rivai (085878679521)

Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *