Bahasa dan Sastra Arab

ILMU DUNIA DIGAPAI, ILMU AKHIRAT TERGAPAI

(WAJIB BANGGA DENGAN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB)

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ahlan Wa Sahlan temen-temen yang baru baca artikel ini.

Kaifa Haalukum? Semoga selalu sehat dan baik-baik saja, ya temen-temen!

 

Kali ini, aku mau ngasih sedikit info dan fakta-fakta menarik seputar jurusan Bahasa dan Sastra Arab, yang mungkin sebagian besar kalian masih awam dengan jurusan itu.

 

APA ITU BAHASA DAN SASTRA ARAB?

Bahasa dan Sastra Arab adalah jurusan dalam perkuliahan yang mempelajari tentang linguistik, ciri artistik, estetika, keaslian, keindahan isi dalam teks maupun tulisan. Kamu akan mempelajari karya sastra Arab baik dalam bentuk novel, naskah drama, atau puisi yang berbahasa Arab tentunya. Mempelajari Bahasa dan Sastra Arab sangat mengasah kemampuan dalam menganalisis dan mengapresiasi karya sastra Arab, sehingga tidak menutup kemungkinan kamu bisa juga menciptakan sebuah karya sastra juga.

 

KENAPA MEMILIH JURUSAN INI?

Kita sebagai orang Islam, harusnya sudah tahu kan, apa bahasa yang digunakan ahli surga? Yaps, bahasa Arab. Selain itu, bahasa Arab merupakan bahasa Al Qur’an, dimana setiap hari kita membacanya. Di jurusan ini, kita bisa mempunyai nilai lebih dari yang lain. Disamping kita belajar ilmu dunia, kita juga mendapatkan ilmu akhiratnya juga, lho. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mau mempelajari bahasa Arab. Tidak hanya belajar tentang sastranya saja, disini kamu akan mempelajari seluk-beluk tentang negara Arab atau Timur Tengah mulai dari sejarah sastranya sejak jaman jahiliyah hingga modern. Sehingga bisa saja kamu melakukan penelitian walaupun harus sampai pergi ke beberapa negara yang ada di Timur Tengah. Wah, asyik dong ya!

 

APA AJA YANG DIPELAJARI DI JURUSAN INI?

Dalam perkuliahan Bahasa dan Sastra Arab, kita akan mempelajari tentang kaidah Nahwu dan Shorof atau biasa disebut Grammar dalam bahasa Inggris. Kita juga akan mempelajari penerjemahaan Arab-Indonesia maupun Indonesia-Arab, kesusastraan Arab, kaligrafi, muhadatsah atau percakapan, karya sastra arab, linguistik Arab, serta qira’ah dan kitabah (membaca dan menulis Arab).

 

EMANG SETELAH LULUS MAU JADI APA?

Jangan meremehkan dulu dengan jurusan antimainstream ini, lho ya! Karena jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas banget. Pertama; Penerjemah. Bagi yang suka dunia penerjemah sangat cocok pekerjaan ini untukmu. Kamu bisa menerjemahkan novel, teks-teks, maupun tulisan yang berbahasa Arab. Mau di penerbit maupun di rumah, tinggal pilih dimana kita akan bekerja. Gampang, kan? Kedua; Penulis. Siapa nih yang hobi banget nulis? Apalagi nulis sesuatu di media sosial. Kamu bisa menuangkan hobi kerenmu ini menjadi penulis novel, cerpen, penyair puisi, maupun penulis naskah. Ketiga; Diplomat. Mungkin ada yang dari kecil sudah punya cita-cita jadi Duta Besar dan bekerja di Kementerian Luar Negeri. Sarabian (sebutan untuk para mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab) sangat bisa untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam kedutaan besar di negara-negara Arab khususnya. Jadi tenang aja, tidak hanya jurusan Hubungan Internasional aja lho yang bisa jadi Duta Besar. Sarabian juga bisa, kok. Keempat; Dosen. Siapa nih yang mempunyai semangat dalam mengajar? Menjadi dosen sangat cocok sekali buat kamu yang ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan. Kita juga bisa mengajar sastra yang tak lepas dari unsur budaya dan sejarahnya. Mantap, kan? Hehehe. Kelima; Biro Haji dan Umroh. MasyaAllah, siapa sih yang nggak punya cita-cita bisa pergi ke tanah suci? Yang pasti, para lulusan jurusan ini nantinya bisa mendirikan biro haji dan umroh serta bisa menjadi pemandunya. Malahan kita bisa berkali-kali juga mengunjungi Baitullah yang selama ini kita idamkan, kan?  

 

Nah, itu tadi sedikit info yang mungkin bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan jurusan kalian, ya! Sekarang aku mau ngasih fakta-fakta menarik seputar Sarabian. Langsung aja yuk!

Anak Sarabian adalah anak muda yang tak mudah berhenti berjuang. Mereka adalah mahasiswa tangguh dan kuat-kuat. Mereka harus rela begadang demi mengerjakan tugas terjemah, menganalisis karya sastra, buat makalah, dan lainnya. Hebat banget tuh!

Secara tidak langsung, anak Sarabian adalah tipe orang yang romantis. Bayangin aja, kalau nanti mereka punya pendamping hidup, mereka akan membuat puisi terindah demi pasangannya terkagum-kagum padanya. Karena selama kuliah, mereka ditempa untuk menjadi pendamping hidup yang baik. Apa nggak romantis, tuh?

Kebanyakan penghuni jurusan Bahasa dan Sastra Arab adalah alumni pesantren. Mulai dari pesantren salaf hingga modern, mereka adalah penghuninya. Tapi tidak menutup kemungkinan juga anak sekolah umum banyak ditemukan disini. Walaupun alumni pesantren tidak diragukan lagi dalam hal membaca kitab kuning, nyatanya alumni sekolah umum juga tidak kalah rajin dengan mereka, kok. Jadi buang jauh-jauh ya rasa minder kalian.

Membaca dan menulis adalah makanan hariannya. Dua kegiatan itu memang sudah menjadi santapan wajib bagi mereka. Bila tidak membaca maupun menulis, bagi mereka seperti malam tanpa siang, akan terasa gelap dunia ini. Bukan alay lho, ya! Tapi emang gitu faktanya. Hehehe.

Menantu Sholeh/Sholehah itu anak Bahasa dan Sastra Arab. Sejatinya, mereka patut menjadi calon pendamping hidup yang baik. Karena didikan dan proses menjadi mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab yang bergelut dengan dunia sastra dan agama, tak ayal bila mereka juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk itu. Tentunya nilai plus ini bisa menjadi senjata boomerang untuk bertemu calon mertua dong, ya! Eaaa.. eaaa.

 

Baiklah, temen-temen. Gimana? Sudah tertarik dengan jurusan yang terancam “keren” ini? Sebelumnya, aku mau ngasih closing statement dulu ya: “Pelajarilah bahasa Arab, karena ia adalah bagian dari agama kalian” (Ummar bin Khaththab). Sekian dulu ya seputar info menarik ini. Aku doakan semoga kalian mendapat pilihan jurusan yang terbaik dan kalian senangi. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita ketahui dari jurusan ini. Kalau mau tahu lebih banyak lagi dan sharing, jangan sungkan bertanya via WhatsApp 082135569321 atau ke akun Instagram @ratnakusumastuti yaa J.

 

Jazakumullah khoiron katsir.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(Ratna Kusumastuti, Bahasa dan Sastra Arab IAIN Surakarta 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *