Pendidikan IPA

CHEMISTRY IS LOVE

(TENTANG JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA)

 

Kimia. Apa sih yang pertama kali terbesit di pikiran kamu tentang kimia, atom, molekul atau elektron-elektron? Iya bener banget kok. Nah, lebih jelasnya kimia adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Kimia adalah cabang ilmu yang mencakup semua ilmu pengetahuan alam di dunia loh, seperti fisika, kimia, biologi, dan geologi, semua termasuk dalam ilmu kimia.

 

Chemistry is love

Kenapa begitu? Karena tanpa cinta, kita tak bisa memahami apa itu kimia sob. Kimia mempelajari seluruh bentuk ciptaan dan karya Allah swt. Tak ada satu hal pun yang terlepas dari atom, unsur, dan senyawa. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan makhluk Allah yang lainnya. Allah telah menciptakan kita sebagai manusia dengan proporsi reaksi paling canggih di alam semesta ini. Dengan mempelajari ilmu ini, tentu kita bisa memahami bahwa hanya Allah sebaik-baik pencipta.

 

Program Studi Pendidikan Kimia

Dari sini kita bisa lihat bahwa ilmu kimia sangat penting dalam kehidupan. Dalam bangku perkuliahan, kimia terbagi menjadi beberapa program studi nih sob, ada kimia murni, teknik kimia, biokimia, pendidikan kimia, dan sebagainya. Disini kita akan kupas tentang pendidikan kimia sob. Kak, gimana sih kuliah di pendidikan kimia? Nah, program studi pendidikan kimia mempelajari tentang pembelajaran tentang kimia di sekolah sob. Kita akan mempelajari bagaimana sih cara mengajarkan ilmu kimia dengan baik kepada siswa? gimana sih cara meningkatkan metode yang sesuai dalam mengajarkan kimia? Disini kita dituntut agar bisa menyalurkan ilmu kita tentang kimia kepada orang lain. Rasullullah saw. telah bersabda Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi orang lain. (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadist dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no: 3289).

Program studi pendidikan kimia mempunyai mata kuliah yang tentunya bermacam-macam sob. Mata kuliah yang harus ditempuh selama kita belajar di program studi ini antara lain kimia dasar, kimia anorganik, perkembangan peserta didik, kimia organik, kimia analitik, kimia fisika, biokimia, strategi pembelajaran, manajemen laboratorium, dan lain sebagainya.

 

Bagaimana Prospek Kerja Pendidikan Kimia?

Oke seperti nama jurusannya yakni pendidikan kimia tentu memiliki prospek kerja menjadi seorang pendidik sob. Pendidik dalam bidang kimia pastinya. Eiits.. tapi jangan khawatir sob, seorang lulusan pendidikan kimia yang bergelar Sarjana Pendidikan juga bisa loh bekerja di bidang lain seperti peneliti, tenaga analis, spesialis kimia, ahli kimia, dan sebagainya.

 

Nah seperti itu dulu ya sob.. penjelasan tentang pendidikan kimia. Jadi gimana nih sob, sudah paham atau masih bimbang dengan program studi ini? Tenang, semua ilmu datangnya dari Allah. Tuntutlah ilmu hingga ke negeri china sob. Never give up sobat !!!. Untuk kalian yang belum puas dengan artikel ini bisa kok hubungi nomor ini 08981326467 (Annisa Nuraini Yaasiin). Semoga bermanfaat sobat, Jazakumullahu Khoiron Katsiron.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *