Penginderaan Jauh

PENGINDERAAN JAUH, APA TUH?

 (TENTANG JURUSAN PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI)

 

 

Assalamu’alaikum.

 

“Kereta api PRAMEKS (Prambanan ekspres) sudah tersedia dijalur 1. Siap diberangkatkan. Tuuutttt tuuuutttttt.” Kereta terus berjalan mengikuti arahan dari masinis. Bersedak-desakan sudah menjadi pemandangan yang lazim di dalam kereta.

“Mbak, mau kemana? Kuliah?” kata seorang pemuda yang memecah fokusku saat menikmati pemandangan.

“Iya kuliah,” sahutku sambil menganggukan kepala.

“Jurusan apa mbak?” jawab pemuda yang duduk dihadapanku.

“Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi,” jawabku sambil tersenyum

“Jurusan apa mbak? Penginderaan Jauh? Entar, mbaknya bisa liat dari saya dari jauh? Atau nanti mbaknya mau jadi peramal?” Gurauan pemuda tersebut.

Menanggapi gurauan tersebut aku hanya dapat tersenyum saja.

 

Sudah bisa aku mendapatkan gurau tersebut. Maka dari itu aku sering mengatakan jurusanku adalah jurusan “Geografi”. Karna jika aku bilang “Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi” mereka bakal ketawa kalau nggak gitu balik tanya “Jurusan apa itu?”

 

Temen-temen pasti jarang mendengarkan jurusan ini juga. Karena jurusan ini juga jarang terdapat di perguruan tinggi. Apalagi anak IPA, pasti nggak tahu apa itu Penginderaan Jauh. Kalau di SMA jurusan IPS pasti sering dengar kata itu. Kalian tahu gak, kalau Fakultas Geografi itu ada yang termasuk kelompok saintek dan ada juga yang tergolong soshum. Di UGM Fakultas Geografi termasuk saintek ya.

 

Apasih sebenarnya Penginderaan Jauh (PJ) dan Sistem Informasi Geografi (SIG)?

 

Penginderaan Jauh (PJ) merupakan ilmu dan teknologi perolehan informasi obyek atau fenomena di permukaan bumi tanpa kontak langsung. Untuk dapat memperoleh informasi itu, diperlukan sensor yang dipasang pada pesawat udara, pesawat ulang-alik, atau satelit tak berawak. Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan sistem berbasis komputer untuk pengumpulan, manajemen, analisis dan pemodelan, serta pembuatan output semua informasi spasial, yaitu yang mempunyai referensi lokasi pasti di permukaan bumi. SIG memproses peta dengan bantuan komputer. Penginderaan Jauh dan SIG sangat diperlukan dalam perencanaan wilayah/kota, pengelolaan sumber daya hutan, mineral, kelautan, mitigasi bencana alam, manajemen fasilitas jaringan telekomunikasi.

Lalu peluang kerja dimana aja sih?

Lapangan kerja lulusan penginderaan jauh dan sistem informasi geografi sangat luas. Lembaga seperti Badan Koordinator Survei dan Pemetaan Nasional, LAPAN, LEMIGAS, LIPI, Kementrian Kehutanan. Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Pekerjaan Umum, BPN. Dapat juga konsultan dan perusahan swasta dan yang membutuhkan tenaga dalam bidang penginderaan jauh dan sistem informasi geografi.

Sekian yang dapat aku sampaikan, terus semangat dalam menggapai keinginan temen-temen dan sampai jumpa di lain kesempatan. Wkwk.

 

Wassalamu’alaikum.

Sumber : sv.ugm.ac.id

Pjsig.sv.ugm.ac.id

Cp : Rifka 085601874262

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *