[PRESS RELEASE]

بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــــــــم

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakaatuh

Kabar Karanganyar Adakan Gathering dan Latihan Dasar Jurnalistik

Kabar Karangayar Official menggelar acara gathering dan latihan dasar-dasar jurnalistik pada Ahad (18/10). Acara yang di gelar di kediaman Mbah Badar di barat SMP N 1 Karanganyar di ikuti 7 orang kontributor, acara ini sekaligus acara temu perdana setelah di bentuk tim redaksi baru pada September 2020. Acara diadakan guna memberi bekal kepada konstributor dalam menulis berita serta mengetaui Kabar Karanganyar dari awal berdiri hingga sekarang. Acara ini menghadirkan dua narasumber yaitu Azizah Nurkhasanah, staff kominfo Formaiska dan Muhammad Miftahul Falah, Kepada divisi kominfo Formaiska 2019. Acara dimulai pukul 09.30 WIB dengan pembacaan lantunan ayat suci al-qur’an bersama-sama yaitu membaca surat al fatihah, al ikhlas, al falaq dan an naas.

Azizah Nurkhasanah menyampaiakan materi mengenai dasar-dasar jurnalistik dimana dalam penyampaian materinya lebih menekankan pada penulisan berita straight news dengan menerapkan konsep piramida terbalik. Tak hanya itu Ia juga memaparkan materi mengenai jurnalis islami dengan harapan nantinya konstributor tidak sekedar menulis berita namun juga menerapkan prinsip-prinsip islam dalam setiap beritanya. Sesi pertama di tutup dengan satu kalimat milik Sayid Quttb yaitu satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, namun satu tulisan mampu menembus ribuan bahkan jutaan kepala.

Sementara, Muhammad Miftahul Falah menyampaikan perkembangan Kabar Karanganyar berdiri hingga saat ini. Kabar Karanganyar di inisiasi oleh salah satu anggota kominfo Formaiska bernama Zaid, saat itu Zaid melihat bahwa media lokal di Karanganyar dalam hal pemberitaan masih di bilang kurang maka Zaid membuat fanspage di Facebook dengan nama Kabar Karanganyar. Di akhir tahun 2017 Kabar Karangnayar merambah di laman IG dengan nama @Kabarkaranganyarofficial_. Dari awal berdiri hingga akhir tahun 2019 Kabar Karanganyar hanya merepost berita-berita dari media lain, namun mulai akhir 2019 Kabar Karanganyar mulai di bentuk tim redaksi dan mulai ada konstributor untuk menulis berita.

Lebih lanjut pada sesi pelatihan jurnalistik di pandu oleh Azizah Nurkhasanah peserta di minta untuk menentukan tema-tema berita pada beberapa judul berita di koran. Peserta juga di minta untuk menganalisa 5W + 1H serta mengubah judul berita pada berita yang di analisa kemudian mempresentasikan hasil analisnya di depan peserta yang lain. Tidak hanya itu, peserta juga di beri tugas untuk menulis berita dengan topik berita pelatihan dan gathering Kabar Karanganyar. (Zizi)

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakaatuh
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📲 Telegram : https://t.me/formaiska
💬 FB : facebook.com/formaiska
📷 IG : instagram.com/formaiska/
📽 IG News : @kabarkaranganyarofficial_
🌎 Website : formaiska.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *